Lapak Jualan Online Sepi? ini Tips dari pakar yang harus kamu coba

Dosen Universitas Telkom yang juga relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Indonesia Dudi Rustandi menyampaikan salah satu kiat sukses dalam berjualan daring adalah menjaga etika sopan santun, baik bagi penjual maupun pembeli.

Utamakan Sopan Santun

“Alasan penerapan etika dalam jual beli online adalah demi citra perusahaan (penjual) dan reputasinya, menciptakan ruang digital yang nyaman dan ramah, serta demi keberlangsungan bisnis itu sendiri,” ucap Dudi dalam lokakarya “Sukses Meraih Cuan dari Online Shop” yang diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) di Jawa Barat, dalam siaran pers, Kamis.

Dudi mengatakan dalam berbisnis di e-commerce, dibutuhkan etika atau sopan santun yang harus dipegang teguh oleh penjual maupun pembeli.

Khusus untuk penjual, mereka haruskan bersikap sopan kepada pembeli. Misalnya, senantiasa menjawab semua pertanyaan yang diajukan pembeli, menyapa pembeli dengan kata yang sopan dan santun, serta tidak menyalahgunakan data pembeli.

Pilih Platform yang tepat

Sementara itu, Chief Operating Regional ACSB Jawa Timur Muhajir Sulthonul Aziz, yang juga menjadi pembicara dalam kegiatan tersebut, mengatakan kiat lainnya agar sukses berjualan daring adalah dengan memahami kelebihan dan kekurangan masing-masing platforme-commerce yang digunakan.

“Ada platform yang menawarkan banyak potongan harga, tetapi, deskripsi barang yang dijual oleh pedagang amat minim. Ada juga platform yang kebijakan pengembaliannya mudah dan bisa diandalkan, namun, harga barangnya relatif lebih mahal,” kata Muhajir.

Manfaatkan Fitur Live

Untuk meraih keuntungan lewat toko daring, menurut Muhajir, tidak ada salahnya pedagang memahami beberapa fitur unik dalam platform e-commerce. Contohnya adalah fitur live chat (bertanya) yang memungkinkan pengguna untuk berbicara dengan agen layanan pelanggan secara langsung.

Berikan Kupon Atau Bonus Kepada Pelanggan lama

Lalu ada pula fitur personalisasi yang memungkinkan platform e-commerce untuk menyesuaikan pengalaman pengguna sesuai dengan preferensi mereka. Selain itu, ada juga fitur program loyalitas yang memberikan penghargaan kepada pelanggan setia dengan diskon, pengiriman gratis, atau hadiah lainnya.

Tips Mengatasi Jualan Online sepi yang lain :

Sekretaris Jenderal Indonesian Association for Public Administration Bevaola Kusumasari dalam siaran pers yang sama mengatakan terdapat sejumlah tips penting agar sukses berbisnis secara daring.

a. Pilih Platform yang tepat

Pertama, pilihlah platform yang tepat. Memilih platform harus yang sesuai dengan produk yang akan dijual, target pasar, dan kemampuan penjual.

b. Penyajian Produk yang menarik

Kedua, penyajian produk yang menarik, seperti menyediakan foto produk yang berkualitas tinggi, deskripsi yang jelas dan informatif, serta harga yang kompetitif.

c. Optimalisasi SEO

“Ketiga adalah optimalisasi SEO (Search Engine Optimization) bahwa pentingnya memahami SEO dan mengoptimalkannya agar produk mudah ditemukan oleh calon pembeli melalui mesin pencari,” ucap Bevaola.

untuk jasa SEO produk anda, anda dapat menggunakan jasa SEO produk di anasmakruf.com

Bevaola juga mengingatkan pentingnya mengenal target pasar. Menurut dia, pengenalan target pasar akan membantu menyesuaikan penawaran produk dan strategi pemasaran agar lebih efektif.

d. Rencana Bisnis yang tepat

Terakhir, menurut dia, menyusun rencana bisnis juga penting, mencakup tujuan jangka pendek dan jangka panjang, strategi pemasaran, dan analisis kompetitor. Rencana itu dinilai akan membantu untuk tetap fokus dan mengukur kemajuan.

Lokakarya Literasi Digital ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam program Indonesia Makin Cakap Digital yang diinisiasi Kemenkominfo bersama GNLD Siberkreasi.