TPA Tanjungrejo Overload, Pemkab Kudus Rencanakan Pengolahan Sampah

KUDUS, Lingkarjateng.id – Menjelang datangnya musim penghujan tahun 2023, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus akan kembali menata Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Tanjungrejo, Kecamatan Jekulo yang over kapasitas.

“Langkahnya tidak melalui penambahan perluasan lahan, tapi dengan pengolahan sampah dengan berbasis teknologi. Kiriman sampah per harinya ke TPA mencapai 120 ton. Kami menata kondisi TPA yang sudah penuh tersebut dengan menguruk sampah dengan tanah urug,” ujar Penjabat (Pj) Bupati Kudus Bergas Catursasi Penanggungan.

Sementara itu, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kudus Mardijanto mendesak Pemkab Kudus untuk segera melakukan penanganan terkait kondisi TPA Tanjungrejo yang sudah penuh dengan sampah.

Perluasan TPA Tanjungrejo Kudus Disebut Belum Diperlukan, Hanya Butuh Alat Berat

“Pengadaan alat pengolahan sampah harus segera dianggarkan maupun perluasan TPA untuk meminimalisir lahan TPA yang sudah penuh,” ucap.

Mardijanto mengaku sempat meninjau TPA Tanjungrejo dan didapati tidak ada upaya perluasan wilayah di sana. Setelah ditelisik, kata dia, ternyata dinas terkait akan mengadakan alat pengolahan sampah berbasis teknologi.

“Kapan alat ini harus direalisasikan, ini menjelang musim penghujan. Saat ini kondisinya overload, Selain itu, terdapat tempat atau ruang bermain terbuka untuk anak-anak namun sudah tercemar oleh sampah TPA,” tegasnya. (Lingkar Network | Ihza Fajar – Koran Lingkar)