Bantuan TJSL, Srikandi PT PLN Hadirkan Senyuman Semangat Literasi

Purwokerto – PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Transmisi (UPT) Purwokerto melalui Pegawai Wanitanya atau yang disebut Srikandi PLN memberikan supporting untuk semangat baca dan menulis sebagai upaya peningkatan mutu Pendidikan pada Rumah Baca Purnama di Desa Luwung Kecamatan Rakit Kabupaten Banjarnegara

Beranggotakan 30 orang pegawai wanita, aksi Srikandi ini meliputi Pengamanan Keandalan pasokan listrik seperti Pemeliharaan, Sosialisasi Ketenagalistrikan, Sidak benda asing/ tegakan di sekitar Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT)/ Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET), serta sentuhan melalui kegiatan Sosial seperti YBM, Charity, dan Bantuan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan.

Peresmian Gedung Rumah Baca Purnama ini sebagai salah satu contohnya, Program yang diresmikan September lalu bersama PJ Bupati Banjarnegara merupakan peran aktif Srikandi melalui Bantuan TJSL.

Achmad Ridwan selaku Manager UPT Purwokerto menyatakan “Peran Srikandi ini merupakan Energi baru positif yang memberikan Sinergi yang anggun cerdas dan tangguh kepada Stakeholder”

Srikandi UPT Purwokerto yang mendampingi PJ Bupati Banjarnegara pada peresmian Gedung Rumah Baca Purnama sebagai Pusat Edukasi Ketenagalistrikan Masyarakat Desa Luwung Kabupaten Banjarnegara dibawah SUTT 150kV Mrica-Purbalingga T.05-07 merupakan representasi dari karakter ACT (Anggun – Cerdas – Tangguh) Srikandi PLN untuk mendukung dan meningkatkan literasi masyarakat Desa Luwung pada khususnya dan masyakarat Banjarnegara pada umumnya. Serta menjadikan Rumah Baca Purnama sebagai salah satu pusat edukasi ketenagalistrikan masyarakat di wilayah Kabupaten Banjarnegara.

Dalam sambutannya, PJ Bupati Banjarnegara Muhamad Masrofi menyampaikan apresiasi atas hadirnya rumah baca tersebut yang diharapkan dapat meningkatkan minat baca masyarakat dan berkontribusi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.
“Kami mengapresiasi adanya rumah baca ini. Tentunya, hal tersebut akan menggalakkan minat baca masyarakat dan menjadi upaya dalam mencerdaskan kehidupan bangsa serta mewujudkan generasi emas.

Masrofi juga berharap keberadaan rumah baca seperti ini dapat menular ke desa-desa lainnya di Banjarnegara.
Dengan adanya fasilitas ini, anak-anak diharapkan lebih tertarik membaca buku sejak dini, yang akan menambah pengetahuan dan mengurangi kecanduan bermain smartphone.

Dalam kegiatan Peresmian Bantuan TJSL PLN ini Srikandi PLN juga turut memberikan edukasi kepada masyarakat dan pemerintah daerah yang hadir untuk tidak bermain layang-layang disekitar SUTT/SUTET, dan juga menghimbau agar pemilik tanaman keras yang di bawah SUTT, untuk tidak sembarangan menebang, dan membiarkan tanamannya memasuki ruang bebas. Karena berpotensi menimbulkan bahaya bagi masyarakat sekitar.