Raih WTP, Pj Wali Kota Salatiga Ingatkan ASN Tetap Rawat Integritas

SALATIGA, Lingkarjateng.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Salatiga kembali meraih penilaian Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk ketujuh kalinya dari Badan Pemerikasan Keuangan (BPK) Republik Indonesia.

Penghargaan dari BPK ini  diserahkan Penjabat (Pj) Wali Kota Salatiga, Sinoeng N Rachmadi, kepada Sekda Salatiga, Wuri Pujiastuti, saat Apel Luar Biasa di Halaman Pemkot Kota Salatiga pada Senin, 15 Mei 2023.

Pj Wali Kota Salatiga, Sinoeng, mengatakan bahwa capaian WTP ini adalah yang ketujuh kalinya diraih Pemkot Salatiga. Keberhasilan ini ini bukan hal yang mudah dan upaya untuk mempertahankannya pun tak kalah beratnya.

“Karena mempertahankan juga tidak kalah beratnya, tak kalah sulitnya ketika pada saat meraih enam kali berturut-turut  WTP lalu,” ujarnya.

Lebih lanjut, Pj Wali Kota Salatiga Sinoeng mengungkapkan meski WTP, namun masih ada catatan-catatan dari BPK. Ada beberapa hal yang masih harus dikembalikan ke kas daerah. Rekomendasi administratif dan berita acaranya langsung ditindaklanjuti dan sudah dipenuhi.

“Saya mengucapkan terima kasih dan mohon izin apabila diperkenankan untuk nderek mangayubagyo, turut berbahagia dan turut bangga karena saya bertugas sebagai Pj  Wali Kota sebagai bagian dari ASN dan Pemkot Salatiga,” ungkapnya.

Orang nomor satu di Pemkot Salatiga ini juga berpesan agar para ASN  ojo rumongso biso (Jangan merasa bisa) tetapi juga biso rumongso (bisa merasa). Jangan dumeh (jangan sombong), meski ini keberhasilan bagi ASN dan tentu membanggakan, tetapi tetap rendah hati.

Catatan dari BPK menurutnya tidak terulang kembali di tahun yang akan datang. Sehingga akan menjadi satu stimulasi bagi Pemkot Salatiga untuk belajar dari masukan dan pendampingan yang ada.

Raihan WTP ini merupakan tanda  ASN Pemerintah Kota Salatiga untuk dapat meningkatkan  pelayanan publik, kinerja pemerintahan, dan peningkatan daya saing.

Pemkot Salatiga mengucapkan terima kasih kepada BPK RI Perwakilan Jawa Tengah yang tidak pernah bosan untuk memberikan pendampingan, nasehat, fasilitasi dan komunikasi secara periodik.

Hal ini merupakan upaya dan komitmen bersama dari Pemerintah Kota Salatiga dalam menjaga dan merawat integritas, mewujudkan good governance dan clean governance, on the right track yang benar. (Lingkar Network | Unggul Priambodo – Koran Lingkar)