Konsisten, Pasangan Harno-Hanies Terus Kirimkan Bantuan Air Bersih ke Desa Terdampak Kekeringan

REMBANG, Lingkarjateng.id – Ribuan warga Kabupaten Rembang terdampak kekurangan air bersih akibat kemarau panjang. Harmonis terus menggelontorkan bantuan air bersih ke desa-desa yang kekurangan air.

Ketua pemenangan Harmonis H.Nur Hasan disela-sela pemantapan kader, Sabtu, 12 Oktober 2024 menyampaikan bahwa pihaknya akan terus mengirim bantuan air bersih ke desa-desa yang saat ini alami kekurangan air bersih.

Lebih lanjut, di wilayah Kabupaten Rembang desa yang mengalami kekeringan cukup banyak yakni sekitar 53 desa.

Dari 14 kecamatan hanya ada 2 kecamatan yang mempunyai sumber mata air bersih yang cukup besar yaitu Kecamatan Sale dan Pamotan. Selebihnya di 12 Kecamatan mengalami kekurangan air bersih.

“Desa-desa yang mempunyai embung mengalami sedimentasi atau pendangkalan di saat musim kemarau. Hal seperti ini harusnya di keruk lagi , agar dikala musim hujan dapat menampung air yang lebih banyak,” tuturnya.

Salah satu warga Desa Kedungrejo, Mbah Rukimin yang menerima bantuan air bersih mengaku sangat senang karena bantuan air dari Harmonis meringankan warga.

“Saya mengambil air dengan jerigen biasanya malam hari ataupun subuh karena untuk mengantri. Saya mengambil air di sumur persawahan,” katanya.

Perlu diketahui menurut data BPBD Kabupaten Rembang bahwa data kekurangan air bersih di Kabupaten Rembang sekitar 7.940 Kepala Keluarga yang terdiri 21.444 jiwa, sehingga total kekurangan air bersih terjadi di 53 desa. (Lingkar Network | Lingkarjateng.id)