Air Terjun Lorotan Semar, Wisata Hidden Gem di Pati Selatan yang Cocok untuk Healing

PATI, Lingkarjateng.id – Kabupaten Pati memiliki banyak objek wisata alam yang memanjakan mata. Salah satunya adalah Air Terjun Lorotan Semar.

Objek wisata Air Terjun Lorotan Semar ini berada di Dukuh Ngalingan, Desa Sumbersari, Kecamatan Kayen, Kabupaten Pati. Jaraknya kurang lebih 5 kilometer (km) dari Alun-alun Kayen. Tempatnya strategis dan akses menuju ke sana pun sangat mudah dilalui.

Pengunjung yang datang ke Air Terjun Lorotan Semar tidak ditarik tiket masuk ataupun biaya parkir. Oleh karena itu, pesona wisata alam ini dapat dinikmati secara cuma-cuma alias gratis oleh siapa saja.

Warga setempat juga telah membuat anak tangga yang memudahkan para pengunjung menuju area air terjun.

Air Terjun Lorotan Semar sempat viral beberapa tahun yang lalu, terutama pada tahun 2017. Namun, objek wisata tersebut kini telah mangkrak dan tidak lagi dikelola pemerintah desa setempat.

Sekretaris Desa Sumbersari, Sucipto, menyatakan bahwa objek wisata Air Terjun Lorotan Semar sepi pengunjung karena semenjak terjadinya wabah virus Covid-19 pada tahun 2019.
Walaupun begitu, ia mengaku bahwa Air Terjun Lorotan Semar masih memiliki potensi wisata yang besar. Namun, pihak pemerintah desa belum dapat mengelola karena keterbatasan dana.

“Semenjak Covid-19 itu langsung sepi. Sebenarnya sayang ya, kalau tidak dirawat, tapi bagaimana lagi kita harus memprioritaskan dana untuk yang lain dulu,” ujarnya.

Sedangkan dari pengakuan warga sekitar, Lorotan Semar mulai jarang dikunjungi warga saat ada korban tenggelam di area paling bawah. Warga setempat menyebut area tersebut sebagai bekas pertapaan Arjuna.

“Karena ada anak tenggelam di sebelah bawah, bekas pertapaan Arjuna itu. Ya sebenarnya itu airnya dalam, jadi kalau orang nggak tahu bisa tenggelam,” ucap Sukarti.

Jika melihat area bekas berjualan, objek wisata Air Terjun Lorotan Semar pada masanya berhasil membantu ekonomi warga sekitar. Hal itu terlihat dari banyaknya bekas gerobak yang ditinggalkan.

Walaupun telah mangkrak selama bertahun-tahun, pesona keindahan alam wisata Air Terjun Lorotan Semar tidak dapat dipungkiri dan masih layak mendapat julukan “hidden gem” oleh para pemburu ketenangan.

Di Lorotan Semar, pengunjung dapat berelaksasi dengan menghirup udara segar pegunungan Kendeng, ditambah suara gemericik air yang dapat membuat pikiran tenang. (Lingkar Network | Syahril Muadz – Lingkarjateng.id)