Tak Ingin Janji Manis, Harno-Hanies Suguhkan Program Realistis untuk Rembang Sejahtera

REMBANG, Lingkarjateng.id – Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Rembang, Harno-M. Hanies Cholil Barro’, tak ingin mengumbar janji manis pada kampanye Pilkada Rembang saat ini. Pasangan calon berjuluk Harmonis itu memilih untuk menyajikan program kerja yang realistis. 

Sekretaris Tim Pemenangan Harmonis, Puji Santosa, menyebut ada sebanyak 14 fokus program kerja penjabaran dari 3 poin visi-misi yang diusung Harno-Hanies di Pilkada Rembang. Menurutnya, semua program tersebut telah diselaraskan dengan kapasitas pemerintah kabupaten yang dikorelasikan dengan pemerintah provinsi dan pemerintah pusat. 

“Seperti program “Sak Desa Sak Sarjana”, program ini sangat realistis, sebab alokasi pelaksanaan program beasiswa untuk mahasiswa ini ada dan telah berjalan. Hanya soal kuotanya saja yang wajib kita tambah. Sehingga setiap tahun akan ada sarjana baru di setiap desa di Kabupaten Rembang,” terang Puji pada Jumat, 27 September 2024.

Puji juga mencontohkan program peningkatan kuantitas dan kualitas jalan kabupaten. Ia menyebut, Harmonis akan komitmen dengan penyediaan infrastruktur jalan di seluruh wilayah di Kabupaten Rembang. Sehingga, jalan-jalan di Kabupaten Rembang bisa mulus dan nyaman untuk dilalui para pengguna. 

“Rehabilitasi semua ruas jalan kabupaten menjadi mantap selama lima tahun. KIta agendakan untuk membentuk satgas, yang wajib merespons kondisi jalan rusak untuk mulai perbaikan maksimal 2×24 jam sudah ada aksi. Jika jalan desa, akan menggunakan dana desa, jika jalan provinsi, akan kami segera tindak lanjuti lewat pemprov. Dan, putri dari calon bupati kita, adalah anggota DPR RI, yang menjadi akses pusat khususnya bidang infrastruktur jalan,” paparnya. 

“Kemudian penyediaan air bersih. Kita gak mau muluk-muluk. Ada 3 calon embung di Rembang yang sebenarnya tinggal diaktivasi, tergantung keseriusan untuk menanganinya. Yakni embung Kaliombo, Trenggulunan, dan Pasedan, sudah tertuang di Perpres 79 tahun 2019. Dengan adanya 3 embung ini, secara perhitungan, mampu menampung kebutuhan air bersih untuk seluruh masyarakat di Kabupaten Remmbang,” lanjutnya. 

Calon Bupati Harno dan Calon Wakil Bupati M. Hanies Cholil Barro’ dengan koalisi Harmonis memiliki visi “Mewujudkan Rembang Sejahtera”. Ada 3 misi, di antaranya peningkatan kesejahteraan masyarakat, mewujudkan tata kelola pemerintahan dan pelayanan publik yang lebih baik, serta mewujudkan pembangunan infrastruktur yang berkualitas. 

Paslon Bupati-Wakil Bupati Rembang nomor urut 02 itu diusung oleh 7 partai, di antaranya Demokrat, Hanura, Gerindra, Golkar, PAN, PSI, dan Gelora. 

Koalisi tersebut linier dengan koalisi pengusung Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Prabowo Gibran-Gibran Rakabuming Raka, dan di tingkat provinsi dengan Paslon Gubernur dan Wakil Gubernur Jateng, Ahmad Luthfi-Taj Yasin Maimoen. (Lingkar Network | Vicky Rio – Lingkarjateng.id)