Gara-gara Bakar Sampah, Satu Hektare Lahan di Mlonggo Jepara Kebakaran

JEPARA, Lingkarjateng.id – Satu hektare lahan kebun di Desa Sinanggul RT 01/RW 01, Kecamatan Mlonggo, Kabupaten Jepara, hangus terbakar pada Rabu, 18 September 2024.

Kepala Satpol PP dan Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Jepara, Trisno Santosa, melalui Kepala bidang Damkar, Surana, mengatakan bahwa lahan milik warga bernama Pramono (63) tersebut terbakar sekitar pukul 11:53 WIB. Menurutnya, kebakaran lahan dipicu oleh pembakaran sampah di area tersebut.

“Laporan kita terima pukul 11:53 WIB dan petugas sampai di lapangan pukul 12:05 WIB. Kebakaran terjadi karena adanya pembakaran sampah di sekitar lokasi dan banyak rumput-rumput kering, jadi merembet ke mana-mana,” ungkap Surana.

Dalam upaya pemadaman tersebut, pihaknya membutuhkan waktu kurang lebih satu jam dengan mengerahkan satu unit mobil damkar dari Pos Bangsri.

“Sekitar pukul 13:00 WIB api berhasil kita padamkan. Alhamdulillah tidak ada korban jiwa,” ujarnya.

Ia pun mengimbau kepada masyarakat agar tidak melakukan pembakaran sampah sembarangan, apalagi yang dekat dengan pemukiman penduduk.

Menurutnya, hal-hal kecil harus dilakukan sebagai langkah antisipasi agar tidak terjadi kebakaran. Mengingat, saat ini sudah memasuki musim kemarau yang mana rawan sekali terjadi kebakaran.

“Sebelum meninggalkan rumah atau bepergian agar terlebih dahulu dipastikan bahwa kompor telah dimatikan dan sambungan gas juga telah dicabut. Begitu juga dengan peralatan elektronik agar dicabut aliran arusnya,” imbaunya. (Lingkar Network | Tomi Budianto – Lingkarjateng.id)