PLN Komitmen Jaga Kualitas Pasokan Listrik Pelanggan KTT di Hari Pelanggan Nasional

Purwokerto, kabardaring – PLN melalui Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Tengah turut memperingati Hari Pelanggan Nasional sebagai bentuk komitmen dalam memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan. Berbagai program jelang hari pelanggan gencar dilakukan di berbagai lokasi mulai dari Kunjungan ke Pelanggan, hingga program peningkatan keandalan pasokan listrik di berbagai Gardu Induk pensuplai Konsumen Tegangan Tinggi.

Di wilayah UPT Purwokerto, komitmen tersebut ditunjukkan melalui dukungan untuk menghadirkan pelayanan optimal bagi pelanggan dalam program akuisisi captive konsumen tegangan tinggi PT Pertamina. Program akuisisi captive konsumen sendiri merupakan program untuk meningkatkan penjualan energi listrik pada konsumen tegangan tinggi.

General Manager PLN Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Tengah, Tejo Wihardiyono mengatakan, program captive konsumen menjadi salah satu upaya PLN UIT JBT untuk mewujudkan transformasi 2.0 melalui pelayanan optimal bagi pelanggan.

“Dukungan dari sisi transmisi terhadap program ini tentunya adalah keandalan pasokan listrik tanpa kedip. Sebagai upaya preventif, kami bekerjama dengan ITB untuk melakukan Analisa kajian power quality terhadap sejumlah konsumen tegangan tinggi guna meminimalisir potensi2 yang dapat menyebabkan kedip, kemudian menentukan langkah untuk mencegah potensi itu,” terang Tejo Wihardiyono. 

Sementara itu, salah satu tim Kajian ITB, Dr. Ir. Kevin Marojahan Banjar Nahor, S.T., M.T., mengatakan Analisa kajian power quality terus dilakukan guna menghadirkan kualitas pasokan listrik yang optimal.

“Kajian2 terus kami lakukan untuk memberikan Solusi power quality terhadap operasional, sehingga dapat memitigasi kelistrikan baik dari sisi PLN maupun dari Topologi Internal,” terang Dr. Ir. Kevin Marojahan Banjar Nahor, S.T., M.T.,

Adapun sejumlah langkah yang dilakukan untuk memastikan keandalan pasokan listrik tanpa kedip tersebut meliputi identifikasi dan asesmen jaringan sistem transmisi, aliran beban dan system proteksi jaringan dan gardu induk, melakukan identifikasi instalasi kelistrikan internal konsumen tegangan tinggi, peralatan utama dan peralatan yang sensitif kedip, serta mempelajari standar ketahanan kualitas daya serta karakteristik beban di sisi Pelanggan, hingga melakukan siaga penyisiran RoW pada setiap ruas jaringan SUTT dan SUTET.

“Di sisi PLN, sejumlah langkah mitigasi yang kami optimalkan untuk memproduksi tegangan listrik tanpa kedip ini diantaranya adalah menyiapkan system proteksi yang andal terhadap gangguan petir dan menjaga ROW dari potensi gangguan benda-benda asing seperti layang-layang, dan pohon. Langkah tersebut rutin kami jaga dan optimalkan,” pungkas Manager UPT Purwokerto, Achmad Ridwan.