Digelontor Rp 4 Miliar, Alun-alun 1 Jepara akan Punya Sejumlah Fasilitas Baru

JEPARA, Lingkarjateng.id – Alun-alun 1 Kabupaten Jepara akan memiliki sejumlah fasilitas baru setelah digelontor dana revitalisasi sebesar Rp 4 miliar dari Bantuan Provinsi Jawa Tengah (Banprov).

Penjabat (Pj.) Bupati Jepara, Edy Supriyanta, menyampaikan bahwa pembangunan alun-alun yang dimulai sejak 17 Juli 2024 lau itu ditargetkan selesai sebelum tahun baru 2025.

“Kami pastikan tanggal 13 Desember 2024, Alun-alun 1 Jepara sudah bisa digunakan oleh masyarakat,” kata Edy saat meninjau proses revitalisasi Alun-alun 1 Jepara pada Selasa, 10 September 2024.

Ia menjelaskan bahwa jogging track menjadi perhatian utama dalam pembangunan alun-alun tersebut. Menurutnya, jogging track yang sebelumnya hanya selebar 4 meter akan ditambah dua kali lipat menjadi 8 meter.

“Progres pembangunannya saat ini sudah mencapai 20 persen,” tambahnya.

Selain jogging track, Edy juga mengungkapkan bahwa Alun-alun 1 Jepara akan ditambah sejumlah fasilitas baru seperti videotron, tempat fitnes outdoor, aksesoris, dan area toilet.

Adapun ornamen yang menjadi ciri khas Jepara juga diikutsertakan dalam pembangunan untuk menambah nuansa Kota Ukir.

“Kami melihat animo masyarakat Jepara saat Car Free Day (CFD) luar biasa, maka jogging track-nya dilebarkan, dan lantainya diganti dengan batu alam andesit, yang semula dari keramik,” ungkapnya.

Ia berharap kepada masyarakat agar ikut menjaga dan merawat Alun-alun Jepara setelah revitalisasi rampung dikerjakan. (Lingkar Network | Muhammad Aminudin – Lingkarjateng.id)