Dewan Jepara Ajak Masyarakat Maknai Kemerdekaan bukan Sekadar Formalitas

JEPARA, Lingkarjateng.id – Anggota DPRD Kabupaten Jepara, Pratikno, mengajak seluruh komponen bangsa dan negara untuk menghayati kembali nilai luhur bangsa khususnya pada momen peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia.

“Penghayatan ini perlu, karena bisa jadi bahwa kegembiraan, formalitas, dan perayaan itu sering melupakan hal-hal bermakna kita merayakan Indonesia merdeka. Dikala pesta itu kita sering lupa pada hal yang bermakna, mari kita hayati kembali nilai luhur bangsa,” kata Pratikno.

Menurut anggota dewan Jepara fraksi NasDem ini, makna kemerdekaan yaitu menumbuhkan rasa nasionalisme dalam menghargai jasa pahlawan dengan cara saling menghargai dan menghormati hak dan kewajiban diri sendiri maupun kepada orang lain.

“Itu merupakan wujud kebahagiaan dan penghargaan kita kepada pejuang-pejuang kita, yang telah berjuang untuk memerdekakan bangsa ini, sehingga kita memelihara, kemudian menjaga kemerdekaan itu, sehingga bisa jauh lebih baik, sesuai harapan para pejuang kita,” jelasnya.

Pratikno mengatakan bahwa proklamasi ini membuka jalan bagi masyarakat Indonesia untuk menikmati kebebasan berdemokrasi, hak asasi manusia, dan keadilan sosial. Kebebasan ini menjadi bagian esensial dari identitas nasional Indonesia dan mencerminkan semangat untuk menciptakan masyarakat yang adil, demokratis, dan berkeadilan.

“Kemerdekaan sebagai momen memacu semangat untuk terus berusaha, berinovasi, dan berkontribusi dalam memajukan negara serta mencapai kemakmuran bagi seluruh rakyat Indonesia,” pungkasnya. (Lingkar Network | Tomi Budianto – Lingkarjateng.id)