KIM Kudus Pecah Usai PAN Usung Pasangan Samani-Bellinda di Pilkada 2024

Kudus, Lingkarjateng.id – Arah politik Partai Amanat Nasional (PAN) Kudus akhirnya terungkap setelah secara mengejutkan memutuskan untuk mengusung pasangan Samani Intakoris-Bellinda Putri Sabrina Birton dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kudus 2024.

Keputusan yang diambil PAN ini sekaligus memecah Koalisi Indonesia Maju (KIM) di Kudus yang sebelumnya menjadi payung bagi partai-partai pendukung pasangan Prabowo-Gibran di Pemilu Februari 2024 lalu.

Sebagai informasi, partai yang tergabung dalam KIM antara lain Gerindra, Golkar, Demokrat, PAN, PBB, Gelora, Garuda, Prima, dan PSI.

Ketua Tim Penjaringan Bakal Calon Bupati (Bacabup) Kudus dari PAN, Rochim Sutopo, mengonfirmasi bahwa rekomendasi partainya akan segera diberikan kepada pasangan Samani-Bellinda.

“Rekomendasi ini sudah ditandatangani oleh Pak Ketum (Ketua Umum) PAN, Zulkifli Hasan,” ujar Rochim usai mengikuti rapat paripurna DPRD Kudus pada Jumat, 9 Agustus 2024.

Meski demikian, ia menolak memberikan penjelasan lebih rinci terkait alasan di balik keputusan tersebut dengan alasan masih bersifat rahasia.

Langkah PAN ini menandakan perpecahan dalam KIM di Kudus karena partai-partai besar lainnya seperti Gerindra dan Golkar telah mengalihkan dukungannya ke pasangan Hartopo-Mawahib.

“Di Kudus, KIM pecah, tapi ini bukan masalah besar. Ini adalah bagian dari kearifan lokal. Kami yakin Samani-Bellinda mampu membawa Kudus maju lebih cepat,” tambah Rochim.

Menurut Rochim, pengalaman Samani sebagai mantan Sekretaris Daerah (Sekda) Kudus dan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menjadi salah satu faktor utama di balik keputusan PAN dalam memberikan rekomendasi.

Ia menilai Kudus membutuhkan sosok dengan pengalaman dan kemampuan manajerial tinggi untuk mengelola dana APBN serta mengawal proyek-proyek strategis nasional, seperti pembangunan jalan tol yang akan segera dimulai.

Lebih lanjut, Rochim juga mengaku menyambut baik kabar kemungkinan bergabungnya PDIP ke koalisi Samani-Bellinda. Meskipun belum ada konfirmasi resmi, pihaknya optimistis bahwa PDIP juga akan menurunkan rekomendasi kepada pasangan ini.

Dalam waktu dekat, pihaknya akan segera melakukan konsolidasi internal dan membentuk tim pemenangan untuk memperkuat koalisi Samani-Bellinda.

Di sisi lain, Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP Kudus, Masan, menyatakan bahwa kemungkinan besar rekomendasi Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP akan jatuh ke tangan Samani.

“Rekomendasi dari PDIP insyaallah segera turun. Informasinya sudah fix ke Pak Samani, meski belum resmi diterima,” jelas Masan. (Lingkar Network | Mohammad Fahtur Rohman – Lingkarjateng.id)