Kabupaten Jepara Gelar Kompetisi Sepak Bola Wanita Kartini Cup 2024

JEPARA, Lingkarjateng.id – Yayasan Olahraga Kartini Cup (YOKC) Jakarta bekeja sama dengan Asosiasi Kabupaten (Askab) Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Jepara menggelar turnamen sepakbola wanita bertajuk “Kartini Cup” di Stadion Kamal Junaidi Jepara selama empat hari pada 7-10 Agustus 2024.

Askab PSSI Jepara bidang Kompetisi, Muhadi, menyampaikan bahwa Kartini Cup setiap tahun diadakan oleh Yayasan Olahraga Kartini Cup di luar jawa. Namun, untuk tahun 2024 ini diadakan di Jepara untuk pertama kalinya.

“Total ada enam tim yang mengikuti kompetisi ini. Tiga tim dari Jepara dan tiga tim lainnya dari luar Jepara,” kata Muhadi kepada tim Lingkar Jateng pada Rabu, 7 Agustus 2024.

Ketiga tim dari Jepara meliputi Persib Banyuputih, Ninas Jepara, dan Srikandi Bangsri. Sedangkan tiga tim lainnya yang berasal dari luar Jepara meliputi PSIS Woman Semarang, Ratanika Semarang, dan Putune Simbah Kendal.

Adapun peraturan yang digunakan dalam Kartini Cup seperti pertandingan sepak bola pada umumnya, yaitu menggunakan lapangan penuh. Hanya saja, durasi pertandingan Kartini Cup hanya 2×35 menit. Untuk wasit dan panitia penyelenggaranya berasal dari Askab PSSI Jepara.

“Tidak ada batasan usia, intinya perempuan boleh ikut kompetisi,” tambahnya.

Lebih lanjut, ia mengaku di Jepara baru ada sedikit tim sepak bola wanita. Dengan adanya kompetisi ini nantinya diharapkan mampu memunculkan bakat-bakat sepak bola wanita serta tim-tim di wilayah Jepara.

Sementara itu, Ketua YOKC Jakarta, Ahmad Tanjung, menilai penyelenggaraan Kartini Cup di Kabupaten Jepara merupakan pilihan yang tepat. Sebab, Kabupaten Jepara merupakan tempat lahirnya pahlawan nasional RA Kartini. Ia mengaku berdosa karena selama ini pihaknya belum pernah mengadakan Kartini Cup di Jepara.

“Baru yang ke-12 ini kami mengadakan di Jepara. Padahal kami memakai nama kartini untuk yayasan yang saya ketuai ini,” kata Tanjung saat memberikan sambutan.

Ia menambahkan, sosok Kartini adalah pahlawan emansipasi wanita yang perlu dicontoh oleh para wanita di Indonesia saat ini.

“Kami berharap adanya dukungan dan peran dari pemerintah khususnya PSSI dalam memajukan persepakbolaan wanita di Indonesia,” imbuhnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Panitia Penyelenggara Kartini Cup dari YKOC Jakarta, Suherlan, menyampaikan terima kasih dan mengapresiasi Aksab Jepara serta Asprov Jawa Tengah yang telah membantu penyelenggaraan kompetisi ini. Ia mengaku banyak potensi dan bakat di daerah-daerah yang perlu di eksplor.

“Kami harap ada perhatian khusus dari PSSI untuk persepakbolaan Indonesia. Dengan adanya Kartini Cup ini mampu meningkatkan persepakbolaan wanita dan mampu menghasilkan pemain bola wanita yang mampu membanggakan Indonesia di kancah dunia,” kata Herlan. (Lingkar Network | Muhammad Aminudin – Lingkarjateng.id)