Penguatan Karakter Religi, SMPN 1 Sarang Implementasikan P5 dengan Gelar Pengajian Akbar

REMBANG, Lingkarjateng.id – Sekolah Menengah Pertana Negeri (SMPN) 1 Sarang, Rembang mengakhiri kegiatan Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan kegiatan religi berupa pengajian akbar di aula sekolah setempat, Jumat, 2 Agustus 2024. Kegiatan ini digelar sekaligus peringatan Tahun Baru Islam 1446 H dan menyambut Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79.

Kegiatan yang diikuti puluhan siswa ini mengusung tema “Membentuk Karakter Siswa Dengan Beirman,Bertaqwa, dan Berakhalqul Karimah.”

Kepala Sekolah SMPN 1 Sarang Rembang Sudrajad melalui Waka Kurikulim, Nurul Hakim menjelaskan alasan sekolahannya memperingati Tahun Baru Islam dan Menyambut Hut RI, dengan kegiatan P5 adalah untuk memberikan banyak manfaat untuk para siswa, wali murid serta masyarakat umum, dengan menghadirkan ulama tersohor asal Bojonegoro, KH.Anwar Zahid.

Pihaknya menjelaskan nantinya kegiatan ini juga dapat membentuk karakter siswa.

“Maka kemudian kami menggabungkan acara P5 dengan tahun baru Islam dan HUT RI, yang dimana terletak pada bulan yang sama. Hal ini nantinya dapat bermanfaat baik untuk para siswa, ” ujar Nurul Hakim kepada wartawan.

Selain itu, kata dia, menjadikan pengajian akbar dengan program P5 ini juga menjadi inovasi untuk memperingati datangnya tahun baru Islam yang biasanya hanya digelar dengan doa saja. Yakni dengan memasukkan materi P5 dan pengajian dengan menhadirkan Ulama Sarang, Forkopimcam Sarang, Bupati Rembang, serta Kiai Kondang Anwar Zahid.

Dari situlah, menurut Hakim, siswa bisa mengimplementasikan karakter beriman, bertaqwa dan berakhlakul karimah.

“Mereka kita persilakan untuk berekspresi dengan gayanya masing-masing untuk menyatakan karakter mereka dan edukasi untuk menjadi pribadi yang mandiri, kreatif, gotong royong dan bernalar kritis.” pungkasnya. (Lingkar Network | Vicky Rio – Lingkarjateng.id)