Ali Badrudin Berpotensi Besar Terima Rekom PDIP Maju Pilbup Pati 2024

PATI, Lingkarjateng.id – Meski senter digadang-gadang bahwa rekomendasi PDIP Pati akan jatuh kepada Wahyu-Suharyono, mengingat bakal calon bupati dan bakal calon wakil bupati tersebut mendapat dukungan dari Haryanto, akan tetapi tak menutup kemungkinan bahwa akan ada kejutan. Seperti biasa, PDIP memang getol memberikan kejutan-kejutan politik di injury time.

Wahyu-Suharyono diyakini kandidat kuat karena mendapat dukungan dari mantan bupati pati dua periode, yakni Haryanto yang sukses mendulang suara dalam pencalonan dirinya sebagai anggota DPR RI.

Akan tetapi, alih-alih memberikan rekomendasi kepada Wahyu-Suharyono, DPC PDIP Pati justru menyelenggarakan fit and proper test dengan mengundang seluruh bakal calon kepala daerah/wakil kepala daerah di DPD PDIP Jateng pada Minggu, 7 Juli 2024.

Pemerhati politik Pati, drs. H. Pramudya menyebut, bahwa calon terkuat adalah Ketua DPRD Pati, Ali Badrudin.

“Terkait dengan pertarungan siapa yang akan mendapatkan rekomendasi PDIP? Kalau memang kita berandai-andai, dalam pendaftaran calon itu ada pak Ali Badrudin juga ya. Ada Pak Wahyu, Ada Pak Safin. Kalau melihat perhitungan kekuatan matematis politisnya. Maka kecenderungan yang berpeluang besar adalah di Ali Badrudin,” tuturnya.

Ia pun membaca hal itu dari sikap politik Ketua DPC PDIP Pati itu.

“Meskipun Ali Badrudin itu mengatakan dia tidak mencalonkan diri. Namun dia menyatakan juga bahwa kalau partai menugaskan, maka dia tidak bisa menolak. Pernyataan ini ambigu,” tuturnya.

Karena ambigu itulah, Pramudya berkeyakinan, sebenarnya dari Ali pun berkehendak untuk maju Pilkada.

“Ya mungkin. Kalimat politis, ya.”

Sementara itu, pemerhati politik yang merupakan alumni Universitas Muria Kudus (UMK), Didik T. Wahyudi, SH., MH., menyebut, adanya fit and proper test yang dilakukan oleh DPC PDIP Pati dengan mengundang seluruh calon ke DPD PDIP Jateng menunjukkan bahwa Partai berlambang banteng itu belum menemukan kandidat yang pas.

“Langkah penjaringan yang dilakukan PDIP dengan berbagai saringan ini menunjukkan bahwa belum ada satu pun kandidat yang mengerucut. Sehingga diperlukan metode fit and proper test untuk mencari kandidat kuat,” jelasnya.

Ia menilai, Ketua DPC PDIP Pati sekaligus Ketua DPRD Pati Ali Badrudin memang merupakan kandidat terkuat, karena Ali jelas tokoh berpengaruh di Kabupaten Pati saat ini.

“Dia adalah pucuk pimpinan di DPRD Pati selama dua periode. Ditambah pada pileg 2024, dia kembali terpilih. Itu menunjukkan pengaruhnya kuat. Dibandingkan calon-calon lain, Ali ini memiliki potensi paling besar untuk mendapatkan mandat sebagai calon Bupati Pati 2024 dari DPP PDIP Pusat,” terangnya. (Lingkar Network | Nailin RA – Lingkar Media Group)