7 Pimpinan Parpol di DPRD Jepara Sepakat Muluskan Langkah Wiwit Jadi Bupati

JEPARA, Lingkarjateng.id – Tujuh pimpinan partai politik (parpol) di Tamansari DPRD Kabupaten Jepara sepakat akan mengusung Witiarso Utomo (Wiwit) sebagai Calon Bupati (Cabup) Jepara pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) mendatang. Kesepakatan ini diraih pada saat ketujuh pimpinan parpol menggelar silaturahmi di Semarang pada Selasa, 25 Juni 2024.

Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat Jepara, M Latifun, menyampaikan bahwa pertemuan tersebut merupakan tindak lanjut dari pertemuan yang telah dilaksanakan pada 9 Juni 2024 kemarin.

“Pertemuan ini dalam rangka menyamakan persepsi dan pandangan dalam rangka membangun Jepara ke depan. Jadi prinsipnya kami membangun Jepara ke depan adalah dengan cara bersama-sama,” katanya.

Latifun mengatakan, dalam pertemuan itu Wiwit memberikan gambaran dan paparan bagaimana menjawab tantangan dan potensi yang ada di Jepara.

“Hasil diskusi ini tentu menjadi bahan pertimbangannya yang nantinya akan disampaikan kepada DPP (Dewan Pimpinan Pusat), dalam rangka menjemput rekomendasi DPP untuk calon bupati (cabup) dan calon wakil bupati (cawabup) di Jepara,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua DPD (Dewan Pimpinan Daerah) Partai NasDem Jepara, Pratikno, mengungkapkan bahwa dalam pertemuan tersebut tujuh pimpinan parpol yang ada di Tamansari sepakat untuk mengusung Witiarso Utomo atau Wiwit sebagai Cabup Jepara pada Pilkada mendatang. Namun, hal itu menurutnya akan tetap melalui mekanisme partai masing-masing.

“Namun pada prinsipnya kami sudah sepakat. Kita juga menunggu partai lain yang belum bergabung untuk bergabung. Karena membangun Jepara perlu koalisi Jepara bersatu. Karena bupati terpilih nanti pasti harus ada sinergitas dengan DPRD yang ada di Tamansari. Maka koalisi ini tidak hanya di partai saja tapi juga di Tamansari. Karena nanti yang berembuk menentukan arah kebijakan Jepara adalah bupati dan DPRD,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Pratikno mengatakan bahwa dalam pertemuan itu juga disampaikan satu persatu perkembangan dari internal partai masing-masing, yang mana saat ini sudah dalam proses komunikasi tingkat provinsi maupun pusat.

“Untuk calonnya sudah mengerucut ke Mas Wiwit,” imbuhnya.

Ia menyebutkan bahwa dari ketujuh parpol yang ikut dalam pertemuan itu baru dua parpol yang telah mengeluarkan rekomendasi kepada Wiwit. Dua parpol tersebut yakni Partai NasDem dan PAN.

“Yang sudah keluar baru PAN dan NasDem, yang lainnya masih proses karena sambil menunggu format pendaftaran dari KPU yang akan dibuka minggu pertama bulan Juli. Kira-kira nanti akhir Juli rekomendasi dari partai yang lain sudah keluar,” terangnya.

Pratikno menambahkan bahwa kemungkinan PPP juga akan bergabung ke dalam koalisi.

“Untuk PPP kemungkinan akan bergabung, cuman PPP masih menunggu rekomendasi dari pusat,” tandasnya.

Ketujuh parpol yang sepakat mengusung Wiwit pada Pilkada Jepara mendatang di antaranya PDIP, Gerindra, NasDem, Golkar, Demokrat, PKS, dan PAN. (Lingkar Network | Tomi Budianto – Lingkarjateng.id)