4 Desa di Rembang bakal Gelar Pilkades PAW, Jumlah Pendaftar Calon Kades Dibatasi

REMBANG, Lingkarjateng.id – Ada empat desa di wilayah Kabupaten Rembang yang sebentar lagi melaksanakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Pergantian Antar Waktu (PAW). Keempat desa tersebut yaitu Desa Weton; Kecamatan Rembang, Desa Mlatirejo; Kecamatan Bulu,  Desa Blimbing; Kecamatan Sluke dan Desa Sedan; Kecamatan Sedan. 

Kepala Bidang (Kabid)  Penyelenggaraan Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinpermades) Kabupaten Rembang Nurwanto saat ditemui di Rembang pada Selasa, 22 Agustus 2023 menuturkan, tahapan Pilkades PAW di empat desa tersebut telah memasuki tahap penelitian berkas persyaratan. 

Nurwanto mengatakan, antusias dalam Pilkades ini terbilang tinggi dan hampir memenuhi jumlah maksimal peserta pendaftar Bakal Calon Kepala Desa (Balon Kades), yakni sebanyak 3 orang saja. 

“Jumlah bakal calon yang mendaftar di Desa Weton ada 2 orang, Desa Blimbing 2 orang, Sedan yang mendaftar 2 orang dan Desa Mlatirejo ada 3 orang,” imbuhnya. 

Pejabat lulusan STPDN itu menjelaskan, peserta yang mendaftar berasal dari tokoh masyarakat. Namun demikian ada juga dari pengurus lembaga desa. 

Lebih lanjut, Nurwanto menyatakan bahwa masing-masihg desa nantinya menggelar musyawarah Desa  (Musdes) guna membahas Pilkades PAW secara serentak. Tanggalnya jika sesuai rencana yaitu Kamis, 7 September 2023. 

“Nanti ada musyawarah desa dulu membahas pelaksanakan Pilkades. Tepatnya pada hari Kamis Legi,” ujarnya. 

Setelah terpilih, lanjut dia, kepala desa  terpilih nantinya melanjutkan kepemimpinan yang ditinggalkan kepala desa yang meninggal dunia. Masa jabatannya sampai 2025. (Lingkar Network | R Teguh Wibowo – Lingkarjateng.id)