Warga Jakenan Bangun Rumah Pohon Akibat Banjir, Pj Bupati Pati Kirim Bantuan

PATI, Lingkarjateng.id – Pj Bupati Pati Henggar Budi Anggoro mengunjungi Gunarto warga Desa Ngastorejo, Kecamatan Jakenan, Kabupaten Pati, pada Kamis, 9 Maret 2023.

Tururt hadir mendampingi Pj Bupati Pati di antaranya Kepala Dinsos P3AKB, Camat Jakenan, Kepala Desa Ngastorejo beserta perangkat dan Babinsa setempat.

Gunarto merupakan salah satu warga yang terdampak banjir. Gunarto bersama istri dan kedua anaknya tinggal di rumah pohon yang dibangun di depan rumahnya sendiri akibat rumahnya tergenang banjir.

Dalam kesempatan tersebut, Pj Bupati Pati melihat rumah pohon yang ditempati Gunarto. Di dalam rumah pohon tersebut, terdapat kasur untuk tidur dan beberapa peralatan untuk memasak.

9 Kecamatan Terendam Banjir, Pj Bupati Pati Akan Salurkan Bantuan Beras

Setelah melihat dan berbincang dengan Gunarto, Pj Bupati Pati kemudian memberikan bantuan uang tunai kepada Gunarto untuk sedikit meringankan bebannya.

“Saya datang ke sini mengunjungi mas Gunarto beserta keluarganya dan mencoba memberikan bantuan operasional untuk sedikit meringankan bebannya. Semoga bantuan ini bisa bermanfaat,” kata Pj Bupati Pati.

POTRET: Rumah pohon milik Gunarto, warga Desa Ngastorejo, Kecamatan Jakenan, Kabupaten Pati yang dibangun akibat banjir. (Istimewa/Lingkarjateng.id)

Gunarto berserta istri pun mengucapkan terima kasih atas kunjungan Pj Bupati Pati yang bersedia menengok dan memberikan bantuan.

Pj Bupati Pati Gandeng Baznas Distribusikan Sembako untuk Korban Banjir di Gabus

Sebelumnya saat banjir melanda, Gunarto memilih tidak mengungsi, padahal genangan banjir di dalam rumahnya mencapai 50 cm lebih.

Gunarto justru membuat gubuk seadanya di depan rumah. Gubuk yang berada di atas pohon itu dibuat dari bambu berukuran sekitar 3×3 meter dengan ketinggian sekitar 3 meter.

Menurutnya, banjir di desanya sudah tiga kali terjadi selama akhir tahun hingga sekarang. Namun, banjir terbesar terjadi pada bulan Maret 2023. (Lingkar Network | Lingkarjateng.id)